Manfaat Apel Untuk Kesehatan

Kita sering menjumpai atau mengkonsumsi buah apel. Tapi taukah anda bahwa apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.  Maka dari itu kali ini saya akan memberi tahu kepada anda apa saja manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh kita. Ada banyak manfaat kesehatan apel, beberapa di antaranya tercantum di bawah ini.

Manfaat Apel Untuk Kesehatan

1. Anti-Kanker

Apel memiliki kemampuan anti-kanker yang kuat yang melindungi tubuh dari sel-sel kanker yang menghisap hidup. Ini adalah salah satu keunggulan apel yang paling penting. Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research, antara lain setuju bahwa konsumsi apel kaya flavon dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen. Dan beberapa senyawa tertutup dalam kulit apel disebut triterpenoids, menunjukkan potensi aktivitas anti-pertumbuhan terhadap sel-sel kanker seperti yang diidentifikasi oleh para peneliti di Cornell University. Selain itu, kanker kolorektal dapat dipukuli dengan asupan serat. Jadi pada saat Anda membuang kulit apel di tempat sampah, pikirkan nilai bergizi di dalamnya!

2. Anti Kolesterol

Apel memiliki jumlah serat yang tinggi . Ketika kita makan apel, serat larut bersaing dengan lemak di usus. Persaingan antara serat dan lemak menghasilkan penurunan penyerapan LDL low-density lipoprotein atau kadar kolesterol jahat dan peningkatan penyerapan HDL high-density lipoprotein atau kolesterol baik. Ini bagaimana apel dan kadar kolesterol mengontrol di dalam tubuh terhubung.

3. Tingkatkan Imunitas

Apel memiliki antioksidan yang dikenal sebagai quercetin yang terutama ditemukan di apel merah yang lezat. Antioksidan ini meningkatkan sistem kekebalan untuk membangun pertahanan alami tubuh. Kandungan nutrisi lain dalam apel adalah vitamin C yang memiliki sifat anti-inflamasi. Serat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena ini apel dianggap sebagai penguat imunitas tinggi .

4. Mencegah Alzheimer

Sebuah percobaan yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa konsumsi apel dalam diet biasa menghasilkan dosis yang lebih tinggi dari asetilkolin neurotransmitter. Juga, di Alzheimer, sel-sel saraf otak rusak, dan jus apel yang mengandung flavonoid membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Jadi, minum jus apel dapat mengurangi risiko Alzheimer dan dapat bertempur melawan pembusukan otak.

5. Menghindari Asma

Fitokimia dan polifenol adalah bahan kimia yang memberi apel sifat penyembuhannya, yang dapat membantu seseorang pulih dari asma, masalah pernapasan dan meningkatkan fungsi umum paru-paru.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi jus apel secara teratur menunjukkan penurunan risiko menderita serangan asma dan masalah mengi dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi jus apel. Sebaliknya, makan apel utuh tampaknya tidak bermanfaat bagi anak-anak yang mengi dan menderita asma.

6. Diabetes

Manfaat kesehatan penting lainnya dari apel adalah membantu melawan radikal bebas oksigen yang menyebabkan diabetes. Apel penuh dengan serat larut, kunci untuk menumpulkan ayunan gula darah. Serat larut tinggi, pektin dalam apel, membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh dengan mengangkut gula ke dalam aliran darah pada tingkat yang lebih lambat. Wanita yang makan setidaknya satu apel sehari adalah 28 persen lebih rendah untuk mengembangkan diabetes tipe 2 daripada mereka yang tidak makan apel.

7. Mencegah Batu Empedu

Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu Anda, dan itu membeku. Mereka sangat lazim pada orang gemuk. Untuk menghambat batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu mengendalikan berat badan dan kadar kolesterol Anda. Apel kaya serat pektin yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh . Serat melakukan hal ini dengan membantu mengurangi penyerapan LDL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *