FILTER AC MOBIL KOTOR

CARA MEMBERSIHKAN FILTER AC MOBIL YANG KOTOR

AC kendaraan komponen mobil yang sangat penting bagi pengemudi dan penumpang untuk mendapatkan udara dingin ketika suhu panas kemarau atau panas siang hari. Untuk memastikan interior tidak dipenuhi dengan udara yang tercemar, AC memiliki filter yang menangkap semua karbon, partikel kotoran, dan puing-puing lainnya yang akan memasuki kendaraan. Filter tidak akan bertahan selamanya, karena sekat sekat ini pada akhirnya akan menumpuk sampai ke titik di mana filter akan tersumbat dan tidak dapat lagi melakukan tugasnya. Ini berarti Anda harus membersihkan atau memilih mengganti filter ac mobil murah  .

5 Langkah Membersihkan Filter AC Mobil

Bengkel service ac paling cepat akan menyarankan agar mengganti filter jika terlihat sedikit tersumbat atau kotor. Yang perlu Anda pahami adalah filter tidak sepenuhnya tersumbat. Ini adalah proses bertahap di mana filter perlahan-lahan tersumbat sementara udara kurang mampu melewati. Selama proses ini, Anda cukup membersihkan filter daripada mengganti seluruhnya. Jika Anda melakukan ini, maka  dapat menunggu sampai kilometer 15.000 sebelum mengganti filter.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk membersihkan filter AC mobil.

Temukan Filter – Jika Anda memiliki kendaraan yang dibuat setelah tahun 2000, maka filter AC Anda harus berada di belakang dashboard atau laci. Ini akan mudah dikenali karena disimpan dalam tabung. Untuk membuka tabung, akan ada klem atau mur sayap yang harus Anda keluarkan. Setelah Anda melakukannya, tabung dapat dengan mudah dilepaskan dan filter akan terungkap di bawahnya. Jika Anda masih kesulitan menemukan filter, periksa buku manual mobil atau lihat online untuk menemukan diagram tempat filter ac berada di kendaraan .

Ambil Filter – Setelah filter udara terlihat, kita hanya perlu menariknya keluar. Tidak ada klem tambahan yang menahan filter. Kanister adalah satu-satunya bagian yang menahan filter. Ambil filter dan letakkan di tempat yang aman.

Bersihkan Filter – Ada dua cara Anda dapat membersihkan filter. Anda dapat menggunakan penyedot debu atau Anda dapat menggunakan seember air sabun. Jika Anda menggunakan yang terakhir, Anda tinggal memasukkan filter ke dalam cairan sabun dan memindahkannya di sana sampai benar-benar basah. Ambil filter dan kocok untuk mendapatkan air sabun ekstra yang tersisa. Biarkan filter di atas handuk sehingga bisa mengeringkan. Diperlukan beberapa jam agar ini terjadi. Jika Anda menggunakan penyedot debu, Anda hanya perlu menyedot satu sisi filter dengan itu selama satu menit dan kemudian melakukan hal yang sama di sisi yang lain.

Bersihkan Canister – Jangan lupa untuk membersihkan canister juga. Ini hanya mengharuskan Anda untuk menggunakan handuk atau kain kertas lembut untuk menyingkirkan sisa-sisa kotoran yang ada di sana. Anda juga bisa mencucinya dengan air, tetapi perlu dikeringkan sebelum Anda mengembalikannya ke filter. Jika tidak, kelembapan bisa menumpuk dan merusak mesin.

Proses pengembalian filter ac ketempat semula – Sekarang Anda telah membersihkan semua bagian yang diperlukan, sekarang dapat menempatkannya kembali ke dalam kendaraan . Pertama, dorong filter kembali ke tempatnya dan pasang kembali canister di atasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *