20 Makanan Penambah Darah Yang Ampuh Mengatasi Anemia

Darah merupakan salah satu unsur penyusun makhluk hidup tingkat tinggi yang memiliki fungsi cukup penting di dalam tubuh. Darah berfungsi untuk menyalurkan berbagai zat serta unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti oksigen dan berbagai nutrisi penting yang berasal dari makanan. Oleh karena itu seseorang yang mengalami gangguan pada sirkulasi peredaran darahnya akan mudah menderita sakit. Di dalam tubuh terdapat 3 macam darah namun yang paling banyak ditemukan yaitu sel darah merah atau yang dalam istilah medis disebut eritrosit.

 

Karena peran darah yang sangat penting maka jangan sampai anda mengalami kekurangan darah karena seseorang yang mengalami kekurangan darah atau anemia akan mengalami beberapa masalah kesehatan seperti badan akan terasa lemas dan lesu, mudah lelah, wajah akan terlihat pucat, sakit kepala atau pusing dan terkadang pandangan akan kabur. Untuk mengatasi hal tersebut anda perlu mengonsumsi beberapa makanan yang bisa menambah kadar eritrosit di dalam tubuh.

Tak perlu mencari makanan yang terlalu sulit ditemukan karena beberapa jenis makanan di sekitar kita sudah bisa dijadikan sebagai obat yang enak untuk menambah darah. Berikut 20 makanan penambah darah yang ampuh untuk mencegah dan mengatasi anemia yang bisa ditemukan dengan mudah

  1. Daging kambing
  2. Bayam
  3. Kedelai
  4. Daun singkong
  5. Kembang kol
  6. Telur
  7. Sawi
  8. Kentang
  9. Hati ayam
  10. Seafood
  11. Kankung
  12. Kurma
  13. Daging ayam
  14. Daging sapi
  15. Brokoli
  16. Susu
  17. Tomat
  18. Apel
  19. Ceri
  20. Kacang almond

Dari ke 20 makanan tersebut bisa anda pilih mana yang menjadi makanan favorit anda namun bisa menambah darah dengan cepat. Karena dari ke 20 makanan di atas semuanya mengandung zat besi dan zat penting lainnya yang berguna untuk menambah sel darah merah di dalam tubuh dengan cepat sehingga masalah kesehatan akibat kekurangan darah dapat teratasi dengan cepat. Namun tetap harus ingan untuk mengonsumsinya jangan sampai berlebihan karena bisa menimbulkan efek negatif yang merugikan untuk anda.

Sumber ; sumbermanfaat.com


Leave a Reply